Ngeblog: Masih Relevan tapi Sudah Ditinggalkan

Beberapa waktu lalu blog publik Kompasiana menggelar kopi darat dan diskusi bertema Is Blogging Still Relevant?

Saya akan katakan, yes, it is always still relevant as long as internet exist. Para blogger akan terus menulis untuk blognya. Para penjual theme dan pemberi tips ngeblog juga terus ada. Masalahnya bukan blogging still relevant or not, tapi masih adakah yang baca blog?

Apa Itu Blog

 

Blogger (narablog) disematkan kepada mereka yang mengelola blog yang di-hosting para penyedia weblog seperti Blogger, Wordpress, Wix, Webly, atau Tumblr.

Ada yang mengkomersialkan blognya dengan memasang Adsense, Adsterra dll. Kalau ada yang mengklik iklan di blog, si narablog akan dapat duit. Ada juga yang bikin blog cuma untuk curhat. Membuat blog untuk curhat ini sesuai dengan makna di KBBI.

KBBI mengartikan blog sebagai catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja.

Blog Raditya Dika yaitu Kambing Jantan yang populer di masa 1990-an isinya cuma seputar dunia sehari-harinya tentang aktivitas sekolahnya, kegiatan keluarga, dan kekonyolan teman-temannya.

Sekarang Raditya Dika masih eksis sebagai komika (pelawak tunggal), influencer medsos, dan aktor.

Sementara itu Rebecca Blood di bukunya Weblogs: A History and Perspective yang terbit tahun 2000 mengatakan blog adalah jenis situs web atau jurnal daring tempat individu atau kelompok secara teratur mengeposkan konten tentang berbagai topik. Posting ini biasanya ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik, dengan entri terbaru muncul pertama.

Jaman Video

 

Sebelum munculnya medsos video seperti TikTok, Instagram Reels, atau YouTube Short, minat baca orang kita sudah lemah. Orang yang suka baca dianggap kuper karena dianggap tidak mengenal dunia luar.

Pembaca blog juga sama. Cuma mereka yang tertarik membaca saja yang rajin buka blog. Kelompok lain yang rajin baca blog adalah sesama blogger yang tergabung dalam komunitas.

Sayangnya, komunitas para blogger ini juga sekarang menghilang tergerus zaman. Misalnya Kumpulan Emak Blogger. Sejak 2012 sampai sekarang komunitas ini masih ada, tapi aktivitas yang berhubungan dengan blogging sudah sedikit. Para anggotanya pun sudah amat jarang blogwalking saling mengunjungi blog anggota.

Blogwalking adalah kegiatan blogger yang mengunjungi blog lain untuk membaca dan memberi komentar di artikel. Sebelum jaman video muncul, blogwalking termasuk kegiatan wajib para narablog untuk saling berkunjung.

Tiap blogger mendambakan blognya dikunjungi dan artikelnya dibaca karena bisa menaikkan domain authority (DA). Domain authority jadi salah satu syarat untuk ikut blog competition atau lomba menulis yang mensyaratkan domain authority minimal 15.

Banyak narablog sudah beralih jadi content creator. Mereka tidak lagi menulis meski masih rutin membayar domain untuk mempertahankan blognya tetap eksis.

Alasan utama mereka pindah haluan karena zaman berubah. Kalau dulu saja orang Indonesia sudah malas baca, apalagi sekarang. Orang lebih suka nonton video pendek daripada membaca artikel. Maka blogger pun lebih suka bikin video di TikTok, Instagram Reels, dan YouTube Shorts daripada menulis.

Jadi bisa dibilang kegiatan ngeblog masih relevan, tapi sudah ditinggalkan. Sangat sedikit blog baru yang muncul di Indonesia. Kalaupun ada, orang cuma iseng bikin saja lalu tidak diapa-apakan.

Pembaca Blog


Menurut Master Blogging ada 600 juta blog di internet. Setiap harinya juga ada 5,6 miliar pencarian di Google dan 94% dari pencarian itu mengarah ke blog. Itu berarti blog masih relevan dan dibaca karena memberi informasi yang tidak disajikan media berita.

Di Indonesia pembaca blog juga masih banyak. Terbukti dari masih banyaknya blog yang dapat traffic dari Google dan menghasilkan AdSense jutaan ke kantong blogger. Para blogger juga masih dapat job menulis untuk perusahaan atau brand.

Related: Cara Blog Umur Sebulan Diterima AdSense

Sayangnya data dari blog readership statistic menemukan kalau yang masih membaca blog adalah mereka yang berusia 41-60 tahun. Inilah juga yang jadi alasan hanya blogger lawas yang mengelola blognya sejak belasan tahun lalu.

Gen Z (kelahiran tahun 1997-2010) memilih jadi content creator yang membuat video pendek berdurasi 15-30 detik. 

Namun, itu adalah data global. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2024 mencapai 221.563.479 orang. Jumlah itu sangat logis karena penduduk Indonesia saja ada 280 juta orang.

Membuka WhatsApp, scrolling TikTok, posting Instagram Feed, atau nonton YouTube butuh internet yang diakses pakai kuota data di ponsel. 

Jadi menurut saya meski banyak orang yang menggunakan internet, mereka menggunakannya untuk mengakses medsos, bukan membuat atau membaca blog. Jadi selama masih ada internet ngeblog masih relevan, tapi sudah ditinggalkan.

Ngeblog dan Nulis


Perubahan zaman membuat anak muda tidak tertarik menulis apalagi bikin blog. Kalaupun ada anak muda yang tertarik menulis, mereka memilih blog publik daripada punya blog sendiri. 

Menulis di blog publik lebih simpel dan jaminan dapat pembaca dari sesama anggota. Ada blog publik bahkan memberi insentif bagi anggota yang telah mencapai syarat tertentu. Bandingkan dengan mengelola blog sendiri yang harus berkutat dengan SEO, domain authority, page authority, dan persaingan di laman pencari Google.

Plus, menulis di blog publik tidak perlu keluar duit untuk membeli domain dan template. Tinggal daftar langsung nulis. Kalau beruntung bisa dapat uang juga.

Jadi kalau ada yang bertanya apa ngeblog masih relevan dengan jaman? Iya, masih relevan, tapi sudah ditinggalkan.

0 komentar

Posting Komentar