Litto Yogya Ala Jepang nan Asri di Gunung Cilik

Pemandangan dari balkon kamar VIP Hotel Litto Yogya

Litto akronim dari Little Tokyo. Litto Yogya terletak di atas Gunung Cilik di Kabupaten Bantul, DIY, dengan nuansa Jepang yang kental. 

Pintu masuk Little Tokyo Yogya

Ada pohon sakura, ornamen Jepang, lampion, dan gapura yang semuanya dipasang dengan gaya Jepang. Pohon sakurnya imitasi, tapi tetap cantik untuk latar foto yang instagramable.

Tempat sewa kimono sekaligus penjualan suvenir dan pernak-pernik khas Jepang seperti 

Tambah kece lagi kalau kita sewa kimono seharga Rp75.000 selama satu jam. Buat tamu hotel yang menginap, sewa kimono ini berlaku selama menginap dengan biaya sama. Jadi kalau kita sewa kimono saat datang, kimono itu bisa kita bawa ke kamar dan kita pakai ke mana-mana, lalu dikembalikan saat check-out.

Hotel


Kebanyakan pengunjung Litto Yogya datang dan pulang di hari yang sama dan tidak menginap. Mereka biasanya datang berombongan untuk menikmati pemandangan gunung yang hijau menyejukkan, berfoto di nuansa Jepang, makan di restorannya, lalu pulang.

Gapura masuk ke hotel dan restoran

Meski begitu, Litto Yogya cocok banget buat staycation karena fasilitasnnya penunjangnya oke banget! Bukan cuma staycation keluarga, pengantin baru juga romantis banget honeymoon berdua.

Welcome cake untuk tamu kamar VIP. Cake enak banget, lembut, dan moist

Hotel di Litto Yogya cuma punya 16 kamar dengan 4 kamar VIP. Namanya juga VIP, tentu pemandangan kamarnya paling indah dengan jendela kaca yang mengelilingi. Kita bisa menikmati pemandangan di bawah gunung dengan hijaunya pepohonan karena letak Litto ada puncak paling tinggi.

Balkon kamar VIP yang menawarkan pemandangan luas di puncak tertinggi.

Hijau pemandangan tidak sehijau itu, sih, karena ada deretan rumah-rumah penduduk. Meski begitu tidak sampai menganggu mata karena pemandangan hijau masih amat dominan.

Resto


Resto di Litto Yogya menawarkan menu Jepang, western, dan Indonesia dengan aneka minumannya. Kalau mau bebakaran ala Jepang kita cuma bisa makan di dalam resto karena kompor tidak boleh dibawa ke luar.

Jadi mending kita pesan menu selain bebakaran supaya bisa makan outdoor sambil menikmati pemandangan yang bikin segar jiwa-raga.

Salah satu sudut untuk menikmati santapan lezat yang dimasak chef resto Litto

Lesehan di gazebo besar serasa makan di puncak dunia yaaa!

Tempat duduknya juga banyak dan tersebuar di segala penjuru Litto. Bisa pilih dekat kolam renang, lesehan, sampai meja paling atas. Semuanya menawarkan pemandangan gunung yang segar.

Spot Foto, Kimono, dan Permainan Ninja


Selain berlatar bunga sakura dan gapura ala Jepang. Kita bisa berfoto di tempat duduk ala Jepang dan pintu masuk hotel. Pokoknya semua yang ada di Litto Yogya bisa jadi spot foto yang ciamik.

Sayangnya tidak banyak pengunjung yang berfoto di pinggir kolam renang, padahal karen juga, lho! Mungkin karena kolam renang dianggap sudah biasa, ya.

Arena bermain ala ninja untuk anak-anak

Sementara anak perempuan bisa menyewa kimono dan aksesorisnya. Anak laki-laki bisa menyewa kostum ninja. Selama memakai kostum ninja mereka bisa ikut permainan ala ninja seperti memanah, bergelayutan, dan bermain pedang.

Kolam Renang


Kolam renang luas ada empat bagian dengan kedalaman minimal 70 cm dan maksimal 140 cm saja. Jadi buat yang nggak bisa berenang bisa main air tanpa kuatir tenggelam.

Kolam renangnya luas dan ada empat bagian

Jam operasional kolam renang dari pukul 07.00-19.00. Kadang kolam renang baru dibuka siang karena paginya harus dibersihkan dulu dengan bermacam peralatan.

Tamu hotel boleh pinjam handuk gratis di resepsionis dan mengembalikannya setelah selesai berenang.

Tempat Parkir


Karena berada di perbukitan dengan topografi berundak, jadi tidak ada tempat parkir khusus. Kita ikuti saja arahan petugas yang akan menyarankan kita parkir di sebelah mana.

Untuk mobil bongsor sejenis Innova, Fortuner, atau Vellfire harus hati-hati karena jalur ke Litto sempit dan menanjak.

Jalur dan Google Maps


Kalau kita ingin pakai aplikasi Waze atau Gmaps untuk menuju ke Litto Yogya, pastikan tujuan pertama ke Kids Fun Parc atau arah ke ring road. Dari situ baru arahkan maps ke Litto Yogya. Kalau kita langsung mengarahkan maps ke Litto, kita akan diarahkan ke jalur berkelok tajam.

Jalur ini mudah dilalui mobil kecil sejenis city car atau LCGC (low cost green car) seperti Agya, Ayla, Calya, dan Sigra. Namun, bisa jadi masalah buat mobil berbodi besar dan lebar seperti Innova, Pajero, dan Alphard. 

Jalur itu dikenal dengan sebutan cinomati karena sering terjadi kecelakaan. Tanpa bermaksud rasis terhadap orang Tionghoa, mungkin saja kecelakaan sering dialami oleh orang Tionghoa karena jalurnya sempit, curam dan tajam.

Kabarnya bupati Bantul sudah mengirim surat ke Google supaya menghapus peta jalan ke Litto yang melalui jalur cinomati tadi. Namun, jalur itu tampaknya belum dihapus karena saat kami akan ke sana, maps selalu mengarahkan lewat jalur tersebut.

Family-friendly tapi Tidak untuk Balita


Litto Yogya cocok untuk staycation keluarga, honeymoon romantis, dan liburan bareng teman, tapi tidak untuk balita.

Di Litto banyak tanjakan dan anak tangga. Kalau ada balita, keluarga harus menjaga mereka nonstop tanpa lengah supaya balita tidak jatuh atau tercebur ke kolam renang. Juga tidak ada wahana permainan anak seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, lain lainnya.

Salah satu spot foto yang paling disukai pengunjung

Jadi yang bisa menikmati wisata di Litto Yogya hanyalah mereka yang berusia minimal SD atau tujuh tahun keatas.

0 komentar

Posting Komentar