Kenapa Ada Orang Betah Banget di Rumah?

Banyak orang yang tidak betah di rumah, salah satunya karena rasa suntuk dan sumpek kalau berada di rumah. Mungkin karena rumahnya kecil, sempit, dan dihuni banyak orang jadi tidak nyaman.

Bisa jadi karena selalu sendirian di rumah sehingga rasanya sepi dan kesepian. Jadi walaupun sedang libur kuliah atau kerja mereka tidak betah di rumah.

Ada yang tidak betah, ada juga ada orang yang betah banget di rumah. Baginya rumah adalah my home is my palace atau rumahku istanaku. Tiap kali pulang ke rumah rasanya home sweet home, tiada tempat senyaman rumah.

Apa saking mager (malas gerak)-nya sampai mereka betah banget di rumah? Ternyata ini alasan kenapa ada orang betah banget di rumah.

1. Hiburan Lengkap

Mereka punya fasilitas hiburan yang bisa dipakai untuk menghibur diri atau menghabiskan waktu. Misal, punya konsol game, alat musik, langganan streaming film dengan home theater, dan internet yang tidak lemot.

Tanpa harus ke mana-mana mereka bisa menikmati hiburan di rumah sambil istirahat. 

2. Rumah Nyaman

Rumah nyaman tidak berarti besar dan mewah, cukup rumah yang bersih dengan sirkulasi udara yang baik dan cukup sinar matahari kita sudah bisa merasakan rumah yang nyaman.

Kenyamanan di rumah makin terasa hangat kalau penghuninya damai, tidak sering ribut dan  bertengkar, juga saling menyayangi dan menghargai.

Tidak harus rumah pribadi, kamar kost dan rumah petakan juga bisa terasa nyaman kalau kita menjadikannya nyaman.

Seking nyamannya rumah, mereka betah menghabiskan waktu di rumah dan tidak ke mana-mana.

3. Bebas Menyalurkan Hobi

Banyak orang merasa rumah adalah tempat terbaik untuk menyalurkan hobi. Misalnya membaca, menulis, berkebun, main musik, mengurus hewan peliharaan, atau bersih-bersih rumah. 

Related: Delapan Keuntungan Jadi Anak Rumahan

Bersih-bersih rumah juga termasuk hobi, lho! Very Well Mind menyebut bersih-bersih rumah bagus buat kesehatan mental karena memicu kegembiraan dan meningkatkan suasana hati (mood).

Selain itu rumah yang bersih dan rapi juga menghindarkan penghuninya dari stres dan membantu otak lebih fokus.

4. Hemat Duit

Alasan lain ada orang betah banget di rumah adalah untuk menghemat uang. Uang saku atau gaji mereka mepet banget kalau harus sering beli bensin dan bayar parkir cuma untuk healing beberapa waktu.

Selain uang yang mepet, ada juga yang memilih menabung daripada harus mengeluarkan uang untuk hal yang gak perlu-perlu amat.

Makanya mereka memilih di rumah saja dengan modal kuota dan sedikit cemilan untuk streaming film, nonton YouTube dan TikTok atau untuk scrolling media sosial.

5. Minder

Orang yang minder cenderung menarik diri dari lingkungan sosial. Mereka merasa tidak pintar, tidak cakep, tidak kaya, dan merasa tidak pantas bergaul dengan orang lain. Jadinya mereka memilih menyendiri dan menghabiskan waktu di rumah.

Kalau ada orang betah banget di rumah karena dia minder, kita bisa ajak dia ngobrol lewat chatting WhatsApp atau menelpon dan menanyakan kabarnya. Ajak juga dia berkunjung ke rumah kita untuk nonton film atau baca buku sama-sama.

Orang yang minder tidak boleh dibiarkan minder. Kesehatan mental mereka bisa terganggu karena kesepian yang berujung depresi. Orang depresi sudah tidak punya minat menikmati hidup dan merasa hidup itu sia-sia.

Makanya jangan sampai orang yang kita kenal mengalami depresi. Kita bisa jadi teman untuknya supaya mentalnya tetap sehat.

***

Orang yang memilih menghabiskan banyak waktu di rumah daripada di tempat lain biasanya sering dapat ledekan semisal, "Betah amat di rumah, apa gak lumutan di rumah terus?"

Atau, "Keluar rumah dong, sosialisasi sama orang-orang." Orang yang betah banget di rumah (kecuali yang minder) bukan orang yang tidak suka bergaul. Mereka suka bersosialisasi dan menghadiri acara-acara sosial.

Kadang mereka bahkan menawarkan rumah mereka jadi tempat arisan atau kumpul-kumpul. Jadi tidak berarti orang betah banget di rumah itu karena tidak bisa bersosialisasi.

Kalau disuruh memilih, mereka lebih suka menghabiskan waktu di rumah daripada ikut kegiatan sana-sini demi untuk dibilang gaul dan banyak teman. Mereka berprinsip cukup satu-teman-saja-tapi sefrekuensi daripada banyak-teman-tapi-tidak-sehati.

0 komentar

Posting Komentar