Contoh Program Kerja Paguyuban Sekolah Dasar

Orang tua sekarang ke sekolah bukan cuma waktu ambil rapor atau kalau anak berulah saja, tapi bisa setiap saat.

Hal itu bermula dari Kurikulum 2013 di mana ada Permendikbud No. 30/2017 yang mengatur tentang pelibatan keluarga di sekolah. Kenapa keluarga (orang tua/wali) harus ikut terlibat di sekolah?

Satu, untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab bersama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan. Kedua, untuk menguatkan pendidikan karakter anak.

Pelibatan orang tua itu diwadahkan dalam bentuk komite sekolah dan paguyuban kelas. Komite sekolah posisinya sejajar dengan kepala sekolah dan ada Permendikbud tersendiri yang mengaturnya. 

Kegiatan paguyuban kelas di SD bisa bikin kita bolak-balik ke sekolah dalam satu waktu karena anak masih butuh pendampingan orang tua. Apalagi kalau sekolahnya unggulan, kegiatannya bisa sangat banyak dan beragam. 

Label sekolah unggulan ini diberikan kepada sekolah yang nilai akademiknya tinggi dan berprestasi di bidang nonakademik.

Related: Keuntungan Menyekolahkan Anak di Sekolah Negeri

Sekolah unggulan punya beragam kegiatan dan guru-guru tidak bisa mengerjakan semuanya sendiri, jadi sekolah minta bantuan paguyuban kelas supaya program sekolah sukses.

Berikut contoh program kerja paguyuban sekolah dasar.

1. Memilih Pengurus Paguyuban

Tiap paguyuban kelas harus ada pengurusnya dengan susunan ketua, wakil ketua, bendahara, dan sekretaris. Pengurus juga bisa hanya tiga orang, yaitu ketua, bendahara, dan sekretaris tanpa wakil ketua. 

Related: Tugas Ketua Paguyuban Kelas dan Efek Sosialnya

Ada juga paguyuban kelas yang punya banyak pengurus terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris I, sekretaris II, bendarahara I, bendahara II, Humas I, dan Humas II. Banyaknya pengurus paguyuban berguna untuk membantu kegiatan kelas dan sekolah yang banyak.

Selain itu juga supaya lebih banyak orang tua yang berpartisipasi di kegiatan sekolah, tidak cuma itu-itu saja orangnya.

Kalau ada pengurus, lalu siapa yang jadi anggota paguyuban kelas? Anggota paguyuban kelas adalah seluruh orang tua/wali dari anak yang belajar di suatu kelas.

2. Merapikan, Membersihkan, dan Mengecat Kelas

Saat anak naik kelas, biasanya buku di Pojok Baca, kipas angin, dispenser galon, dan ATK (alat tulis kantor) dibawa oleh paguyuban kelas sebelumnya.

Kita harus menata ulang kebutuhan kelas sekaligus membersihkan kelas secara menyeluruh. Kalau angkatan sebelumnya yang menempati kelas itu tidak membawa inventarisnya ke kelas baru, maka barang-barang yang ada di kelas boleh kita gunakan.

Sementara itu untuk mengecat kelas sifatnya pilihan. Kalau cat kelas masih belum mengelupas dan tidak kusam, maka kelas tidak perlu dicat ulang.

Kenapa paguyuban harus turun tangan merapikan, membersihkan, dan mengecat kelas? Karena anak SD belum bisa diminta membersihkan sendiri kelasnya. Jangankan yang SD, yang SMP saja membersihkan dan mengecat kelas masih harus dibantu paguyuban kelas.

3. Menyediakan Kebutuhan Kelas

Alat kebersihan seperti sapu, pel, pengki, dan kemoceng wajib ada di tiap kelas. Gunanya untuk dipakai anak saat mereka piket. Meski sekolah sudah punya UKS, kotak P3K juga harus disediakan di kelas untuk memudahkan anak mengambil obat andai mereka pusing, tergores, atau kembung.

Paguyuban kelas 5 dan 6 biasanya juga menyediakan pembalut karena sebagian dari siswi SD sudah menstruasi.

Sementara itu dispenser air, galon, tisu, sabun cuci tangan, dan pembersih kaca sifatnya pilihan saja. Boleh disediakan boleh tidak.

Kebutuhan kelas lainnya adalah spidol whiteboard dan penghapusnya, penggaris panjang, ATK (alat tulis kantor) seperti gunting, lem, spidol cadangan, map tugas untuk asesmen, dan taplak meja (jika diperlukan).

4. Menjenguk Anak atau Orang Tua/Wali yang Sakit

Paguyuban mengordinasi untuk menjenguk anak atau orang tua yang sakit. Tidak cuma yang sakit, semua anggota paguyuban kelas juga bersama-sama melayat kerabat anak yang meninggal.

Bahkan bisa juga berkunjung ke rumah orang tua, guru, atau kepala sekolah yang baru pulang haji.

5. Menjadi Panitia Kegiatan Sekolah

Sekolah kadang minta bantuan paguyuban untuk membantu di acara perkemahan Pramuka, acara 17 Agustusan, gelar karya P5, outing class atau jeda semester, perpisahan, dan wisuda.

Selain soal biaya terbatas yang dimiliki sekolah, para guru juga kewalahan kalau harus mengurus semuanya sendiri karena tugas mereka selain mengajar juga tidak sedikit. Jadi mereka terpaksa minta bantuan paguyuban.

Sementara itu di wisuda atau wasana warsa, paguyuban kelas diperlukan untuk mengurus katering (snack dan nasi kotak), penyewaan kursi, pembuatan backdrop, penyediaan samir dan medali wisuda, dan lainnya.

Kalau di antara semua orang tua di paguyuban tidak ada yang mau jadi panitia, bisa saja wisuda menggunakan jasa event organizer (EO), tapi biaya akan berlipat lebih besar karena ada fee untuk EO.

Kalau tidak mau keluar uang, bisa juga tidak usah diadakan wisuda. Hanya syukuran dan doa bersama di kelas masing-masing dengan makanan-minuman bawa masing-masing.

Dari mana uang untuk membiayai program kerja paguyuban sekolah dasar? 

Dari iuran bulanan yang dipungut kepada orang tua/wali. Besarnya sesuai kesepakatan. Bisa Rp20.000 per bulan, Rp25.000, atau Rp50.000 per bulan tergantung kesepakatan dan kemampuan anggota paguyuban.

Iuran paguyuban dikumpulkan untuk kepraktisan supaya orang tua tidak bentar-bentar keluar uang untuk yang dikumpulkan untuk menyediakan keperluan kelas, membayar LKS, dan memfotokopi bahan ajar atau latihan soal asesmen. 

Semua hal yang peruntukkannya untuk kelas, siswa, dan sekolah diambil dari uang kas paguyuban.

0 komentar

Posting Komentar